Ganti Aparatur Desa Tanpa Mekanisme, Kades Mada Jaya Diduga Kangkangi Undang – Undang

PESAWARAN tirasnusantara.com – Seorang pemimpin dituntut untuk kerja yang profesional agar tercipta suasana damai dilingkungan masyarakat.

Namun harapan demikian tidak terwujud bagi masyarakat Desa Mada Jaya Kecamatan Way Khilau Kabupaten Pesawaran, pasalnya Sutrisna selaku Kepala Desa Mada Jaya dengan bertindak tanpa prosedur memberhentikan 13 orang aparatur desa setempat.
MR kepada tim tirasnusantara.com mengatakan, “Kepala Desa itu seharusnya bekerja selalu berpedoman kepada Undang – Undang Desa, agar tidak sewenang – wenang dalam mengambil keputusan, yang mengakibatkan keresahan dalam hidup bermasyarakat.
“Dengan tindakan semena – mena itu maka Kades Maja Jaya diduga telah menguntungkan sekelompok masyarakat tertentu dan merugikan masyarakat yang lain, “Paparnya.
“Berdasarkan tindakan arogansi dari Kades itu kami masyarakat akan menuntut keadilan sesuai dengan hak yang dirugikan, kami tau kalo SK (Surat Keputusan) pemberhentian 13 orang  aparatur desa Mada Jaya itu tidak dilakukan dengan prosedural, “Jelasnya.
“Sebanyak 13 orang yang diberhentikan itu, sampai saat ini masih tercatat sebagai aparatur desa pada dinas terkait di Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran, itu artinya aparatur yang baru diangkat itu belum syah bahkan memakan insentif yang bukan miliknya, itu namanya meresahkan bahkan sangat merugikan, mohon ini ditindaklanjuti demi keadilan, “Pintanya.
Disaat yang sama RD selaku masyarakat Desa Mada Jaya juga mengatakan, “Kades Mada Jaya memang perlu dievaluasi kinerjanya, boleh kita cek selama masa jabatannya (Nana red) apa yang sudah diperbuat itu memang menguntungkan masyarakat atau hanya kelompok tertentu saja.
“Kami berharap agar dinas terkait janganlah tutup mata akan hal ini, dana miliaran habis diduga cuma sia – sia. Mulai dari pembangunan drainase, pembangunan balai desa, pengadaan BUMDes, dan dana pemberdayaan, apakah terserap sesuai peruntukan.
“Jadi tidaklah salah jika kami menduga dan minta transparansi dari pemerintahan desa, ini semata – mata demi kemajuan bersama, tapi kenapa Kades dan perangkatnya seolah – olah selalu menghindar bahkan terlihat sangat risih, kan ini ada apa, “Tutupnya.
Hingga berita ini diturunkan kami belum bisa mengonfirmasi Kades Mada Jaya maupun Sekdesnya, dihubungi via ponsel nomor tidak bisa menerima panggilan, Sekdes meskipun aktif namun tidak diangkat. (Amin/RH)