FPII akan Besar dan Hebat bila Dibangun dari Semua Aspek

Lampung Tirasnusantara.com,- Sebuah organisasi ( yg saya sebut disini organisasi FPII karna saya ada di FPII ) akan besar dan akan disegani serta mendapat nama di tengah masyarakat bila dibangun dari semua Aspek.

Menurut saya pribadi setidaknya ada empat ( 4 ) aspek yang perlu dilakukan dan harus ada keterkaitan satu sama lain.

1. Kompak

Tidak ada satupun organisasi bisa besar bila tidak dilandasi kekompakan.
Kekompakan dibangun secara bersinergi antara kawan- kawan di tingkat Presidiun, tingkat Setwil, tingkat Korwil dan seluruh anggotanya.

Mengingat anggota FPII berasal dari semua daerah yang berbeda- beda dari seluruh Indonesia tentunya karakter dan budaya akan mempengaruhi budaya bahasa dan kebiasaan serta kemampuan ekonomi, tentunya agar bisa kompak kita harus dapat menyesuaikan diri antara satu sama lain agar tidak terjadi ketersinggungan yang dapat berakibat memecah kekompakan.

2. Pengembangan FPII di Masing- masing Daerah

Artinya organisasi FPII tidak akan dikatakan besar bila di daerah hanya ada beberapa orang Anggota Setwil atau beberapa Anggota Korwil, dan hanya ada Ketua, Sekretaris dan Bendahara ( SKB )

Maksutnya Pengurus Setwil yang sudah ada harus dapat mengembangkan FPII dengan cara membentuk beberapa korwil di kabupaten / kota yang ada. Hal ini memang tidak mudah karna Setwil membutuhkan waktu dan mobilitas yang rutin ke daerah dan perlu mengeluarkan biaya yg juga tidak sedikit sebagai operasional. Dan Setwil harus menyiapkan anggaran tersebut ( dengan kata lain harus berani berkorban tenaga, Pikiran, waktu dan biaya sendiri bila ingin mengembangkan organisasi di daerahnya ).

khusus di Lampung Alhamdulillah berkat kerja keras Teman- teman di Setwil sudah terbentuk 10 Korwil dari 15 Kabupaten Kota. ( tiga kabupaten dan dua kota yg belum ada pengurus Korwil )

3. Partisipasi Pengurus Setwil dan Korwil untuk membangun FPII di Tingkat Pusat.

Sesuai Kesepakatan yang dihadilkan dalam Mukernas FPII Setiap Setwil dg dukungan Korwil harus memberikan dukungan wajib guna membangun dan mengembangkan serta meningkatkan pastisipasi Presidium agar dapat berjalan sesuai harapan semua Anggota FPII yang ada di seruruh Indonesia.
Pada akhirnya dukungan yang diberikan Setwil akan dikembalikan kepada setiap anggota dalam bentuk tanggung jawab Presidium terhadap anggotanya. ini sudah di sepaki dan harus berjalan. Walaupun di dalam prakteknya setiap daerah mengalami beberapa kendala dan hambatan. Tapi sekali mudah- mudahan semua kita selaku Setwil dapat melaksanakan keputusan walaupun tidak mesti berbarengan atau serentak, disesuaikan dengan kondisi rekan- rekan Setwil di setiap daerah.

4. Kesadaran bahwa organidasi FPII adalah milik Kita.

Disini saya akan mengatakan bahwa setiap anggota harus ada rasa memiliki. Artinya setiap anggota jangan merasa bergabung dg FPII, tetapi harus berpandangan bahwa FPII milik kita. Dengan begitu kita masing- masing punya tanggung jawab untuk membesarkan FPII.

*Kesimpulanya*
Dari empat Aspek yang ada di atas meliputi *Kompak, Pengembangan FPII di Daerah, Partisipasi Setwil dan Korwil Kepada Pusat, serta Kesadaran Seluruh anggota bahwa FPII milik kita* harus berkesinambungan.

Artinya FPII tidak akan besar dan di akui di tengah masyarakat apabila ke empat Aspek diatas tidak dapat kita lakukan semua.

*FPII tidak dapat besar hanya dengan melakukan pengembangan FPII di Kabupaten Kota, tetapi tidak memberikan berparipasi dukungan guna pengembangan organisasi di Pusat*

*Dan FPII juga tidak akan besar hanya karna kita berpertisipasi mendukung Pusat, lalu kita tidak mengembangkan FPII di Wilayah*

Sumber tulisan : Aminudin Ketua Setwil Lampung