Exel Berharap Bertemu Bupati dan Minta Mainan

TANGGAMUS tirasnusantara.com – Exsel (10th), bocah penyandang distabilitas berharap  bertemu Bupati Tanggamus untuk minta mobilan (mobil mainan), hal ini di ungkapkan Exsel di kediamannya di Pekon Kalirejo Wonosobo, Selasa (3/3).

Exsel penderita distabilitas cacat sejak lahir di duga akibat menderita gizi buruk yang tidak segera di tangani secara intensif, karena hidup di tengah keluarga yang tidak mampu sehingga tidak dilakukan pengobatan  maksimal.

Sejak usia 2 tahun, Exsel di tinggal oleh kedua orang tuanya merantau , dan hingga kini exsal hidup bersama dengan Neneknya (Tentrem,50th) di rumah kayu sederhana.

Untuk kebutuhan sehari-hari, nenek exsel bekerja membuat sapu lidi untuk di jual dengan penghasilan hanya 50rb perbulannya. Sementara untuk kebutuhan lainnya keluarga ini mengharapkan kiriman dari sang ibu exsel yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga di kota.

“Ibu exsel pergi bekerja sejak usia exsel 2 tahun, untuk kebutuhan sehari-hari saya jualan sapu lidi sebulan kadang cuma dapat 50 ribu, cukup tidak cukup ya kita jalani. “Keluh Tentrem.

Untuk berpindah, exsel harus bersusah payah merangkak dengan  bertumpu pada kedua tangannya untuk mengangkat tubuh supaya bisa bergeser. Dan untuk membantu berdiri pamannya membuatkan sandaran yang terbuat dari paralon yang di rakit dan di berikan roda, sehingga saat berdiri bisa di geser.

“Untuk belajar jalan, pamannya membuatkan anjang-anjang dari pipa paralon dan di beri roda, “Ungkap nenek.

Nenek exsel berharap agar pemerintah kabupaten tanggamus memberikan  bantuan kursi roda dan kebutuhan lainya yang di perlukan oleh cucunya.

“Saya berharap pemerintah membantu kursi roda dan lainnya kepada cucu saya, “Harapnya.

Walapun cacat fisik dan hidup serba kekurangan, exsel tergolong anak yang  cerdas dan mudah berkomunikasi, hal ini dia tunjukan dengan menyatakan  keinginannya bersekolah dan bercita-cita ingin menjadi peternak sapi.

“Saya pingin sekolah dan bermain dengan banyak kawan, dan kalau sudah pintar dan besar nanti saya pingin jadi peternak sapi, “Ucap Exsel.

Dengan segala kekurangan, exsel adalah salah satu anak penyandang disabilitas yang ada di kabupaten Tanggamus yang sangat membutuhkan perhatian dan uluran tangan dari pemerintah, guna memenuhi kebutuhan hidup mereka. (Wagiman/Hardi/team)