Diduga Dana Bos SMAN.2 TBT Syarat Penyimpangan

TUBABA tirasnusantara.com – Dana Perawatan Sekolah yang di anggarankan dari Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Tahun 2018 – 2019, untuk Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat, diduga disalahgunakan oleh oknum Kepala Sekolah dan jajarannya.

Dana yang disisihkan dari Bos Tahun 2018 – 2019 oleh pihak sekolah SMAN 2 TBT Setiap Triwulan dengan nilai kurang lebih diatas Sepuluh Juta rupiah setiap pencairan.

Hal ini disinyalir tidak sesuai dengan Fakta dan Data pelaporan penggunaan Bos Tahun 2018 – 2019 SMAN 2 TBT kepada menteri keuangan.

Pasalnya Perawatan ringan yang ada difisik bangunan Sekolah SMAN 2 TBT tahun 2018 – 2019 yang lalu terkesan tidak sesuai.

Saat ditemui diruang kerja jum’at (17/1) Kepala SMAN 2 TBT, “Dasuki, menjelaskan Bos yang diterima ditahun 2018 – 2019, tentunya sudah sesui dengan jumlah para Siswa SMAN 2 TBT yaitu 438, dengan total anggaran Rp. 613.200.000,- (Enam Ratus Tiga Belas Juta Dua Ratus Ribu Rupiah), lalu dari anggaran yang diterima 5% harus disisihkan untuk perawatan ringan Sekolah contohnya, memperbaiki plafon rusak, ngecet, beli konci sekolah dan lain sebagainya.

Menurut,” Dasuki, anggaran wajib perawatan sekolah dalam juklak dan juksis penggunaan Bos Tahun 2018 – 2019 SMAN 2 Tbt, 5% X 4 dalam satu tahun sudah sesuai kekentuan Permendikbud. Dan sisa dana lainnya diperuntukkan kebutuhan Sekolah dan kebutuhan Siswa dalam belajar dan mengajar, “Ucapnya.

Namun Fakta nyata pembangunan Fisik SMAN 2 TBT, tahun 2018 – 2019 terkesan memperihatinkan, seperti kerusakan pada pelafon sekolah didamfak belakang fisik sekolah yang terpampang dalam dokumen photo, terkesan tidak pernah dilakukan perawan ringan seperti yang telah dijelaskan oleh Dasuki selaku kepala SMAN 2 TBT, kepada wartawan.

Ditempat terpisah warga sekitar SMAN 2 Tbt, saat ditemui wartawan terkait kerusakan plafon sekolah, mereka berharap kepada Pemkab Provinsi Lampung, Khususnya Kepada Dinas Pendidikan dan Inspektorat dalam melakukan Pengawasan Fungsi dan pemeriksaan agar dapat mengkrocek ulang penggunaan anggaran Bos Tahun 2018 – 2019 SMAN 2 TBT, Tulangbawang Barat.

Menurut keterangan salah satu warga sekitar SMAN 2 TBT yang tidak ingin menyebutkan namanya untuk diberitakan, Keaman dan keselamatan dalam Siswa SMAN 2 TBT menimba ilmu Pendidikan tentu paktor utama dari Segala – galanya.

Mengingat besarnya anggaran yang diberikan Pemerintah Pusat, melalui Program Bos Tahun 2018 – 2019, sudah cukup besar dalam 1 Tahun untuk melakukan perawatan ringan Sekolah.

“Lanjut warga, apa lagi para anak didik SMAN 2 TBT sering diminta sumbangan, dan SPP oleh pihak sekolah, dengan berpariasi besaran nilainya uang, namun para wali murid takut untuk mengkritisinya, karena takut berdampak pada anak mereka yang bersekolah di SMAN 2 TBT, “Jelas sumber. (San/team).