Maulazi; Dana BOS SDN Sukarame Ngaras Kami Terima Tidak Utuh

NGARAS tirasnusantara.com – Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) adalah program pemerintah yang pada dasarnya adalah untuk penyediaan biaya operasi nonpersonalia bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksana program wajib belajar. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis kualilatif deskriptif.
Berkaitan dengan hal itu maka dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) merupakan hak mutlak yang mesti diberikan tidak ada alasan lagi untuk diendapkan dengan alasan yang tidak jelas.
Namun tidak demikian adanya dana BOS pada SDN Sukarame Kecamatan Ngaras Kabupaten Pesisir Barat, pasalnya disekolahan ini dana BOS yang semestinya diterima Rp. 800.000,- (Delapan Ratus Ribu Rupiah) per siswa dalam satu tahun tidak sepenuhnya terealisasi.
Maulazi, S.Pd selaku Kepala Sekolah SDN Sukarame kepada team tirasnusantara.com (14/1) mengatakan, bahwa sekolah yang ia pimpin hanya menerima dana BOS sebesar Rp. 38.000.000,- (Tiga Puluh Delapan Juta Rupiah) dikali empat tahap pencairan.
“Terus terang sekolah SDN Sukarame Ngaras ini hanya menerima dana BOS sebesar Rp. 38.000.000,- (Tiga Puluh Delapan Juta Rupiah) dikali empat tahap pencairan.
Artinya dalam satu tahun Sekolah Dasar Negeri Sukarame, hanya mendapatkan kucuran dana BOS sebesar Rp.1.52.000.000,- (Seratus Lima Puluh Dua Juta Rupiah) per tahun.
“Peserta didik kami di Sekolah Dasar Negeri Sukarame Ngaras ini berjumlah lebih kurang 246 siswa/siswi.
“Terus terang dana BOS yang diterima SDN Sukarame Ngaras dalam satu tahunnya sebesar Rp. 617.886,- (Enam Ratus Tujuh Belas Ribu Delapan Ratus Delapan Puluh Enam Rupiah) persiswa. “Paparnya.
Saat ditanya terkait mengapa dana BOS di Sekolah Dasar Negeri Sukarame Ngaras seperti itu, Maulazi hanya mengatakan itulah adanya, sebenarnya setahu saya tidak demikian jumlahnya.
“Saya tidak tau kenapa begitu, dan itulah adanya yang kami terima, karena kalau jumlah dana BOS dari pemerintah berjumlah Rp. 800.000,- (Delapan Ratus Ribu Rupiah) per siswa dalam setahun.
Jadi untuk diketahui hanya Rp. 38.000.000,- (Tiga Puluh Delapan Juta Rupiah) itulah yang saya terima setiap termennya, “Tegas Maulazi.
Edo Lesmana selaku masyarakat yang peduli dengan pendidikan, sangat berharap persoalan ini bisa dituntaskan oleh aparatur terkait, jangan sampai ada oknum yang memperkaya diri dengan mencuri uang rakyat.
“Saya selaku masyarakat Pesisir Barat sangat berharap persoalan dana BOS di SDN Sukarame Ngaras ini bisa dituntaskan oleh aparatur terkait, jangan sampai ada oknum yang memperkaya diri dengan mencuri uang rakyat. “Tutupnya. (Mus/Roso/team)