Coba Konfirmasi Perihal BPNT Wartawan Di Tantang Duel Oknum Sekdes

Pesawaran Tirasnusantara.com,-,Rabu 03 September 2020. – Insiden wartawan di tantang duel oleh oknum sekertaris Desa Babakan Loa Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran terjadi saat wartawan media online kompasnusantaraonline.com hendak konfirmasi perihal penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang di duga ganda. Peristiwa itu terjadi saat wartawan kompasnusantaraonline.com Alkhurori hendak mengkonfirmasi perihal nama-nama penerima BPNT yang tertulis di Banner yang dipasang di depan Balai Desa.

Menurut Alkhurori ,”saya sengaja mendatangi Balai Desa Babakan Loa,saat itu saya mendengar informasi bahwa nama-nama penerima BPNT yang tertulis dibanner terdapat banyak nama yang ganda atau doubel penerima.sehingga saya coba ingin melihat kebenaran nya,setelah saya lihat ternyata memang ada beberapa nama yang sama persis hampir ada 95 nama,dan untuk memastikan apakah benar nama itu ganda atau memang berbeda orang atau berbeda penerima,saya coba konfirmasi dengan Sekertaris Desa Babakan Loa,namun bukan penjelasan dan informasi namun hardikan dan tantangan duel yang diterima. Sekdes itu menyuruh saya melepaskan baju media untuk berduel dengan saya,”ungkap Alkhurori yang akrab di sapa Bang All ini

Namun karena tidak ingin terjadi perselisihan lebih lanjut akhirnya Alkhurori meninggalkan lokasi Balai Desa Babakan Loa dan berniat melaporkan kepada pimpinan redaksi serta organisasi Pers yang menaunginya untuk bisa menindaklanjuti kejadian ini agar bisa dilaporkan ke pihak berwajib atas dugaan menghalang-halangi tugas jurnalis.

Aminudin Ketua Setwil FPII Lampung menanggapi perihal yang terjadi kepada wartawan media online ini mengatakan, sikap itu sangat di sayang-kan terjadi dengan sengaja menghalang halangi tugas wartawan memperoleh informasi.

“Bahwa insiden tersebut telah mencederai UU Pers No.40 Tahun 1999 tentang pers.bunyinya sudah jelas,” tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan hak Pers untuk mencari, memperoleh dan menyebarluaskan gagasan informasi adalah sikap melawan hukum,”jelasnya.

Aminudin juga menambahkan,”Kami dari Forum Pers Independent Indonesia Setwil Lampung selaku wadah bagi para jurnalis atau wartawan siap melaporkan dan mengawal perihal terjadi nya peristiwa tantangan duel kepada rekan kami wartawan media online kompasnusantaraonline.com kepada pihak berwajib agar diproses secara hukum,atas dugaan pelanggaran Undang-undang Pers nomor 40 Tahun 1999.”tutur nya kepada media ini.(Ahmad Yani)