Cegah Pungli, Rutan Bandar Lampung Gelar Sosialisasi

BANDAR LAMPUNG tirasnusantara.com – Untuk mencegah Pungutan Liar ( Pungli ) di lingkungan Rumah Tahanan Negara Kelas I Bandar Lampung, kepala rumah tahanan negara, Rony Kurnia ( alumni Akademi Ilmu Pemasyarakatan ), beserta jajaran mengumpulkan seluruh warga binaan pemasyarakatan di aula Rutan Bandar Lampung, Rabu, (02/10/2019).

Dalam kegiatan tersebut Ka Rutan Roni Kurnia beserta jajaran melakukan ramah tamah serta tanya jawab guna menanyakan keluhan narapidana mengenai pelayanan bagi warga binaan.

Ka Rutan Bandar Lampung Rony Kurnia mengatakan, ” bahwa pelayanan di Rutan Bandar Lampung adalah gratis dan tidak ada biaya sama sekali ” saya katakan bahwa baik dari pihak pengamanan maupun pihak pelayanan tidak pernah meminta uang ataupun pungutan lainnya terhadap warga binaaan guna kepengurusan baik kamar , bebas bersyarat ataupun lainnya dan apabila ada oknum yang memanfaatkan kewenangannya guna menguntungkan suatu kelompok ataupun individu laporkan.. !!!!! ” terang Rony

Didalam kegiatan pengarahan tersebut terlihat narapidana dengan santai dan nyaman melakukan interaksi dengan petugas. Kegiatan tersebut di apresiasi oleh Asep salah satu narapidana yang turut serta mengikuti sosialisasi mengatakan ” hal ini merupakan kegiatan positif dan baik sehingga warga binaan pemasyarakatan merasa dekat dan nyaman dalam melakukan pembinaan ” saya sangat apresiasi sekali program bapak karutan beserta jajaran dalam pemenuhan hak hak kami sebagai tahanan dan narapidana, kami merasa dekat dan nyaman ” ucap asep.

Diakhir pengarahan Kepala Rutan Bandar Lampung Roni Kurnia mengajak seluruh unsur serta stake holder di rutan untuk bersama sama memberantas pungli di lingkungan rutan ” terakhir saya mengajak seluruh petugas serta warga binaan untuk sama sama memerangi pungli di dalam rutan , sehingga program pembinaan dan tujuan pemasyarakatan dapat tercapai ” tutur Rony.(Riyanto)