Cegah Covid-19 YPHLI Dan Warga Pulo Kambing Buat Cairan Desinfektan Untuk Penyemprotan

JAKARTA tirasnusantara.com – Salah satu upaya untuk mengantisipasi penyebaran covid-19 adalah dengan penyemprotan cairan Desinfektan.
Upaya ini banyak dilakukan,baik dilingkungan tempat tinggal sendiri atau fasilitas umum.

Yayasan Peduli Hijau Lestari Indonesia melakukan tindakan membuat cairan tersebut dengan Bahan yang banyak digunakan untuk membuat cairan Desinfektan dengan menggunakan natrium hipoklorit yang merupakan zat aktif dari pemutih pakaian.

Langkah tersebut sebagai sarana edukasi sekaligus upaya antisipasi penyebaran virus Covid-19.Desinfeksi massal ini diharapkan menjadi stimulan dengan harapan pihak lain juga turut melakukan tindakan yang sama.

Karena untuk mengendalikan penularan atau penyebaran virus corona,tentunya membutuhkan partisipasi secara bersama dari masyarakat.

Kegiatan YPHLI ini dilakukan di wilayah rt 03 rw 02 pulokambing klender jatinegara cakung, Senin 30/03/20.

Warga pulo kambing begitu antusias mendukung kegiatan ini.Semuanya swadaya.Dari bahan racikan sampai alat penyemprot yang digunakan.

Ujar ketua rt 03 rw 02, bapak Yusuf supriadi.
Yusuf mengatakan bahwa kegiatan ini adalah bentuk kepedulian terhadap lingkungan juga untuk mencegah wabah covid 19 ini semakin meluas.

Alat dan bahan yang ada adalah swadaya masyarakat, karena kita mempunyai moto dari warga untuk warga oleh warga.

Sementara itu Menurut ketua YPHLI, Boy junafiah Banyak bahan kimia yang dapat berfungsi sebagai Desinfektan, tetapi umumnya dikelompokkan kedalam golongan pereduksi yaitu bahan kimia yang mengandung gugus-COH, golongan alkohol, yaitu senyawa kimia yang mengandung gugus-OH, golongan halogen atau senyawa terhalogenasi,yaitu senyawa kimia golongan halogen atau yang mengandung gugud-X, golonan fenol dan fenol terhalogenasi, golongan garam amonium kuartener,golongan pengoksidasi,dan golongan biguanida.

Desinfektan didefinisikan sebagai pengaruh fisika yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran jasad renik seperti bakteri dan virus atau menurunkan jumlah microrganisme atau kuman penyakit lainnya.

Terkait kegiatan ini kita sangat apresiasi terhadap warga pulo kambing khususnya rt 03.Dengan dana seadanya bisa melaksanakan giat sosial ini.

Disini diperlukan kedewasaan sosial untuk tidak selalu bergantung kepada pemerintah. (Tony. S/team).