Begini Cara Kerja Tim Gugus Covid -19, RW.10, Kelurahan Cibereum Dalam Melakukan Pencegahan Wabah Virus Covid -19 Di Wilayahnya

Cibeurem Tirasnusantara.com,- Cimahi Selatan, Cakra Bhayangkara News – Penangulangan dan Pencegahan terhadap dampak dari virus pandemi Corona yang akrab di kenal oleh masyarakat dunia bahkan di Indonesia sebagai Virus Covid – 19 yang mewabah diseluruh dunia.tak terkecuali di Indonesiapun Virus ini telah menjadi ancaman yang luar biasa bagi rakyat Indonesia khususnya warga di wilayah Rw.10 Kelurahan Cibereum, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, sangat antusias dalam bekerjasama mencegah dan menangulanggi penyebaran Virus Covid -19 ini.

Hal tersebut di buktikan dengan kesadaran warga RW.10 Kelurahan Cibereum untuk saling bahu membahu melakukan kegiatan pencegahan penyebaran Virus Covid -19 di Rw.10 dengan kesadaran penuh membentuk Tim Gugus Covid -19 di RW.10 Kelurahan Cibereum, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Kamis, 21/05-2020

Tim Gugus Covid -19 RW.10, di Kelurahan Cibereum ini di ketuai oleh sosok Dadang.AT, SH yang dengan penuh rasa tanggung jawab memimpin Tim ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga Rw10 agar dapat terhindar dari penyebaran Virus Covid -19 di wilayah Kelurahan Cibereum.

Dalam penjelasannya Dadang.AT, SH mengatakan dalam menangulangi penyebaran Virus Covid -19 di RW.10 Kelurahan Cibereum, dia bekerjasama dengan Tokoh masyarakat dan warga setempat bahu membahu melakukan kegiatan ini yang diawali dengan membentuk daerah sterilisasi bagi warga yang masuk keluar komplek wajib disemprotkan disinfektan untuk mencegah adanya virus Covid -19 masuk kewilayah RW.10 Kelurahan Cibereum.

Lanjut Dadang, untuk pintu gerbang Komplek di RW.10 dilakukan penjagaan ekstra ketat eh petugas keamanan komplek yang bekerja sama dengan Tim Gugus Covid -19 RW.10 Kelurahan Cibeurem yang dinamakan Tim Penyapu Tamu yang akan berkunjung ke Komplek RW.10 tanpa terkecuali terlebih dahulu akan berhadapan dengan tim ini yang bekerja dari jam 08 pagi s/d jam 22.00 Wib.

Cara kerja tim ini menurut Dadang sudah di atur untuk bergantian tanpa henti dalam melakukan tugasnya.dan nantinya setiap minggu ketua tim akan memberikan laporannya kepada ketua Gugus Covid – 19 RW.10 Kelurahan Cibeurem, Dadang.AT, SH.

” ya tim ini akan melakukan evaluasi setiap minggu menyangkut kunjungan para tamu maupun para pedagang yang masuk keluar ke komplek kami RW 10, ” ucap Dadang.

Adapun aturan yang dibuat oleh tim gugus Covid – 19 RW.10 Kelurahan Cibereum adalah dengan memberikan batasan jarak antara satu pengunjung dengan pengunjung yang lain sesuai dengan aturan pemerintah untuk selalu menjaga jarak.

Kemudian para pengunjung wajib mengenakan masker dan tetap harus dilakukan penyemprotan seluruh badan oleh petugas barulah bisa masuk ke komplek dan melakukan aktiifitas sesuai dengan kepentingan masing – masing. bagi para pedagang tetap diwajibkan untuk selalu menjaga jarak dengan pembeli dan dilarang berkerumun saat berbelanja.

Kegiatan ini menurut Dadang secara berkala tetap dilaporkan secara berjenjang yang dimulai dari tingkat ketua tim, ke ketua gugus Covid – 19 RW.10 Kelurahan Cibereum yang nantinya akan melaporkan ketingkat kecamatan perkembangan dari kegiatan ini.

Tidak hanya warga yang melakukan aktifitas keluar masuk komplek RW.10 saja yang di atur, namun dari penelusuran wartawan Cakra Bhayangkara News dilapangan, ternyata bagi pemilik kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat yang akan masuk maupun keluar komplek RW.10 sudah dipasangkan stiker pengamanan dan pencegahan Covid -19 yang boleh masuk, namun bagi kendaraan yang tidak memiliki stiker dilarang keras untuk masuk di area Komplek RW.10Kelurahan Cibereum.

Lain hal yang dilakukan bagi kendaraan tamu yang tidak mengunakan stiker, diwajibkan untuk tetap mengikuti aturan yang sudah ada yang dimulai dari meninggalkan kartu Identitas di pos penjagaan RW.10 serta tetap mengikuti langkah – langkah pencegahan untuk menghindari masuknya wabah Virus Covid -19 di Komplek RW.10.

Dari semua kegiatan yang dilakukan Tim Covid -19 RW.10 KelurahanCibeurem, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi patut di acungkan jempol dan mendapat apresiasi karena cara kerja yang dilakukan tim ini, menginggat di Provinsi Jawa Barat ada beberapa wilayah yang termasuk dalam kategori Red Zone (Zona Merah) namun dengan sigapnya warga Rt.10 dapat mencegah penyebaran wabah Covid -19 dengan dibentuk tim Covid -19 RW.10 yang di ketuai Dadang.AT, SH dan dianggap sangat berhasil sehingga Rw 10 Kelurahan Cibereum sampai hari ini tetap dalam keadaan yang baik (Zona Hijau).

Awalnya, Dadang menuturkan bahwa sangat berat untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahayanya Virus ini, namun dengan tekat dan kemauan akhirnya masyarakat dapat memahami dan mendukung tim Covid -19 RW.10 ini, terlebih dengan adanya dukungan dari pemerintahh setempat, seperti Kelurahan, Kecamatan yang terdiri dari unsur Kepolisian, Babinsa yang bersama bekerja keras sehingga sampai hari ini Rw 10 di nyatakan 0% dari virus corona .

Namun Dadang mengingatkan agar kewaspadaan tetap di lakukan, dan tidak mengendorkan semangat dari tim Covid – 19 di Rw.10, Kelurahan Cibereum, dan Dadang juga menyampaikan agar apa yang mereka lakukan disini akan menjadi Contoh dan patut untuk di tiru atau dilakukan oleh Daerah – daerah lainnya, harap Dadang.AT, SH Ketua Tim Gugus Covid -19.RW.10 Kelurahan Cibereum, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi.(Redaksi)