Antisipasi Nataru, Polda Lampung Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Krakatau 2020

BANDAR LAMPUNG tirasnusantara.com – Polda Lampung melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Krakatau 2020 dalam rangka kesiapan pengamanan perayaan Natal tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, bertempat di Lapangan Saburai Bandar Lampung, Senin (21/12/2020).

Waka Polda Lampung Brigjen Pol Drs Subyanto memimpin langsung apel tersebut, yang dihadiri oleh Asisten I Pemda Provinsi Lampung, Ketua DPRD Provinsi Lampung, Kajati Lampung, Kapengti Lampung, Kepala BNNP Provinsi Lampung, Kepala BIN Daerah Lampung, Danrem 043 Gatam, Danlanal Lampung, Danlanut Lampung, Dan Brigif 4 Mar/ BS, Sanden POM Lampung, Kakanwil Depag Lampung, Kadis Perhubungan Lampung, Kadis Pariwisata Lampung, Kadis Kesehatan Lampung, para PJU Polda Lampung dan para peserta apel Peleton POM, Peleton TNI AD, Peleton TNI AU,
Peleton TNI AL, Peleton Lalulintas, Peleton Samapta, Peleton Reserse, Peleton Biddokes, Peleton Satpol PP, Peleton BNPD Lampung, Peleton Basarnas, Peleton Dishub.

Dalam pelaksanaan Operasi Kepolisian dengan sandi Operasi Lilin Krakatau 2020 selama 15 hari (dimulai 21 Desember 2020 s.d 4 Januari 2021) dengan melibatkan 3.336 personel gabungan, terdiri dari Polri 1.884 personel, TNI 333 personel, dan instansi terkait sebanyak 1.120 personel, yang akan ditempatkan pada 38 Pos Pengamanan guna antisipasi gangguan kamtibmas dan kamseltibcar Lalulintas, 14 Pos Pelayanan di pusat keramaian, serta 1 Pos Terpadu di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan.

Tujuan Operasi Lilin Kratakatau 2020 adalah terjaminnya rasa aman warga masyarakat dalam merayakan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 dengan aman, lancar, tertib serta terhindar dari wabah Covid-19 dengan menerapkan Protokol Kesehatan dalam pelaksanaan ibadah Natal serta terwujudnya ka mtibmas yang aman, kondusif, dan terkendali sebelum, pada saat dan pasca Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Dalam amanat Kapolri yang disampaikan oleh Inspektur Upacara Waka Polda Lampung bahwa apel ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin Krakatau 2020 dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personel dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam Operasi Lilin Krakatau 2020, semoga pengabdian tugas yang kita laksanakan dengan penuh tanggung jawab dan keikhlasan menjadi catatan amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa,” ucap Waka Polda Lampung. (Tia)