Aminudin; Kekompakan Modal Utama Dalam Membangun Organisasi Profesional dan Mandiri

PESISIR BARAT tirasnusantara.com – Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Setwil Provinsi Lampung menggelar acara halal bilhalal dan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tahun 2020 di Kantor Balai Pusat Pelatihan masyarakat Pekon (Desa) Way Jambu, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat pada Sabtu (13/6).

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Sekertaris Nasional FPII Wesley Sihombing, ketua Setwil Provinsi Lampung Aminudin, dan beberapa Pengurus Korwil Kabupaten/Kota Seperti Korwil Kabupaten Pesisir Barat, Korwil Kota Metro, Korwil Kabupaten Way kanan, Korwil Kabupaten Lampung Utara, Korwil Pesawaran dan Korwil Kabupaten Lampung Barat beserta Pengurus Setwil yang ada di Provinsi Lampung.

Kegiatan yang digelar mulai pukul 10.00 WIB ini menggelar dua agenda besar, yaitu yang pertama halal bilhalal untuk mempererat tali silaturahmi antara pengurus dan anggota FPII Setwil Provinsi Lampung dan yang kedua rapat kerja tahun 2020 untuk menyusun program bagi keberlangsungan organisasi di daerah.

Dua agenda kegiatan tersebut mempunyai arti yang mendalam untuk lebih mensolidkan kepengurusan FPII yang ada di kabupaten/Kota dalam mencapai tujuan kerjanya demi kemajuan organisasi dan anggota khususnya di wilayah Provinsi Lampung.

Aminudin selaku Ketua FPII Setwil Provinsi Lampung menjelaskan, halal bilhalal dan rapat kerja seluruh pengurus FPII Setwil Provinsi Lampung yang ada di kabupaten Kota ini, dilaksanakan selain membahas tentang program kerja tahun 2020 untuk keberlangsungan organisasi FPII dan juga kepengurusan baik tingkat Daerah, hingga tingkat Provinsi Lampung.

“Rapat Kerja Organisasi FPII ini hendaknya bisa menyusun program kerja kedepan, dan perlunya evalusai kerja serta adanya perubahan yang terukur dan terkonsep, “Ujarnya.

Lanjutnya, “Saya sangat mengharapkan FPII sebagai organisasi besar yang harus tangguh terus menjaga kekompakan dan berperan aktif. Sebab, kita ketahui bahwasanya kekompakan sebagai modal utama dalam membangun tatanan Organisasi dan bekerja secara profesional, ”Paparnya.

Selain itu, Wesley Sihombing selaku Sekertaris Nasional (Seknas) FPII Pusat mewakili Ketua Presidium Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Kasihhati menegaskan kepada jajaran pengurus Setwil dan Korwil harus menjalankan organisasi sesuai marwah dan kode etik jurnalistik.

“Semua Anggota FPII harus memiliki jiwa solidaritas dan kekompakan sehingga mampu menjalankan Visi Misi dan Prinsip organisasi yaitu Menjaga idealisme dan independensi kewartawanan Indonesia, “Harapnya.

Organisasi memang harus jelas tujuan serta berbagai hal yang akan dilakukan di dalamnya tertuang dalam visi dan misi organisasi.

“Tentunya hal ini harus sudah ditentukan sejak awal karena berkaitan dengan pembagian tugas serta bentuk kerja sama yang akan dilakukan masing-masing anggota yang ada di dalamnya. Sehingga tujuan ini menjadi poin yang sangat penting dimiliki sebuah organisasi dalam mengoptimalkan kinerja yang ada di dalamnya, “Tegasnya.

Lebih lanjut Wesley menambahkan, keberadaan organisasi harus memiliki tujuan dan sasaran yang jelas. Tujuan dan sasaran FPII ialah mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan amanah UUD’45 dan Pancasila.

Menegakan UU Pers yang berlaku diIndonesia. Mendorong tegaknya Hak Asasi Manusia terkait dengan tugas wartawan dan memberikan bantuan advokasi kepada insan pers.

“Meningkatkan profesionalitas wartawan dan membangun kepercayaan diri wartawan sebagai pilar ke–4. Menyampaikan aspirasi masyarakat kepada instansi, institusi dan semua elemen yang ada, atau sebaliknya. Menjadikan produk atau karya jurnalis yang mengedepankan sosial kontrol dan Membentuk karakter wartawan yang professional dan mampu memegang teguh tupoksinya, “Tutupnya. (Amie/team)

 

Sumber : FPII Lampung