8 Cara Mudah Meringkas Proposal Bisnis

8 Cara Mudah Meringkas Proposal Bisnis

8 Cara Mudah Meringkas Proposal Bisnis – Proposal bisnis adalah dokumen penting bagi perusahaan di setiap tahap. Dari perusahaan kecil hingga besar, banyak dari mereka mengandalkan proposal semacam itu untuk mendapatkan keuntungan dan investor yang lebih besar. Namun, tidak banyak orang yang punya waktu untuk membaca ribuan kata dan halaman.

Saat itulah meringkas memasuki keributan dan membantu menyampaikan ide yang sama secara singkat. Idenya adalah untuk memperkenalkan pembaca pada rencana dengan menggambarkannya secara singkat. Jadi, bagaimana Anda menulis ringkasan seperti itu? Mari selami dan cari tahu.

Apa itu Proposal Bisnis?

Proposal bisnis adalah dokumen yang menguraikan secara spesifik kesepakatan bisnis. Ini biasanya mencakup informasi tentang produk atau layanan, harga, dan manfaat pelanggan. Proposal bisnis dapat digunakan untuk membujuk pelanggan agar membeli produk atau layanan Anda.

Ini juga digunakan untuk memastikan bahwa Anda tidak menjual diri sendiri. Ini juga membantu dalam bernegosiasi dengan klien Anda untuk harga dan persyaratan yang lebih baik. Aspek umum dari proposal bisnis mencakup diskusi seperti:

  • Membahas model perusahaan Anda
  • Menganalisis keahlian dan keterampilan Anda
  • Mempertimbangkan manfaat dan fitur komoditas atau layanan
  • Menganalisis rencana dan implementasi, ada dalam pikiran Anda
  • Meringkas keuntungan bagi kedua belah pihak, yang biasanya bisnis dan investor

Dengan kata lain, ini adalah profil perusahaan yang ditulis oleh beberapa bisnis atau pengusaha untuk menjual ide mereka kepada orang-orang yang memiliki uang (investor). Ide utama dari proposal ini adalah untuk membantu pembaca memahami manfaat utama yang diperlukan dalam berinvestasi dalam proposal.

Oleh karena itu, tahap akhir atau penutup proposal bisnis hampir selalu berbicara tentang keuntungan bagi kedua belah pihak. Oleh karena itu, merupakan persyaratan untuk menulis ringkasan untuk produk semacam itu. Bukan hanya karena membantu pembaca memahami dan penasaran tentang keseluruhan rencana tetapi juga untuk membuatnya lebih pendek.

Sebuah proposal bisnis dapat rata-rata dari 10-50 halaman. Jika Anda menghitungnya, setidaknya itu sekitar 3000 kata. Dan, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tidak banyak pebisnis atau investor yang memiliki waktu untuk duduk dan membaca proposal bisnis selama itu.

Jadi, bagaimana Anda mengatasi tantangan ini? Dengan mempersingkatnya menjadi ringkasan dari semuanya. Idenya adalah untuk memaksa mereka membaca semuanya dengan memberikan gambaran sekilas tentang rencana Anda.

Berikut adalah 8 Cara Mudah Meringkas Proposal Bisnis:

  1. Ringkas & Akurat

Akurasi dan keringkasan adalah dua hal yang harus Anda tuju sejak awal. Jika sebuah ide bersifat deskriptif, bagaimana Anda bisa menggambarkannya secara singkat tanpa kehilangan semua detail utama?

Konsepnya harus tetap utuh, tetapi Anda dapat menggunakan frasa seperti “kami menjelaskan ini secara rinci dalam proposal yang sebenarnya.” Ini akan memikat pembaca Anda untuk membaca seluruh proposal setelah mereka selesai membaca ringkasannya.

  1. Dapat Dibaca

Proposal bisnis bersifat teknis dan menggunakan banyak kata dan istilah perusahaan. Namun, itu bukan sesuatu yang perlu Anda perhatikan dalam ringkasan Anda.

Ide ringkasan adalah untuk membuat segalanya lebih mudah dipahami dan memberikan pandangan yang dapat dibaca ke dalam konten aslinya. Oleh karena itu, fokuslah untuk menulis ringkasan yang mudah dibaca dengan kata-kata yang lebih mudah.

  1. Jelaskan Hal-Hal Dalam Istilah Awam

Seperti disebutkan sebelumnya, ringkasan seharusnya sederhana karena teknis biasanya ada di konten utama. Itu sebabnya Anda harus meninggalkan detail untuk proposal bisnis Anda.

Dalam ringkasan Anda, Anda harus mencoba menjelaskan semuanya dalam istilah Awam. Cobalah menggunakan istilah yang sederhana dan tulislah dengan kata-kata yang tidak rumit.

  1. Berikan Ikhtisar

Ringkasan cenderung hanya menyajikan apa yang diharapkan pembaca. Ambil contoh trailer film, mungkin berisi beberapa adegan kunci untuk memikat penonton, tetapi itu hanya akan memberikan sinopsis untuk film tersebut.

Model dasar ringkasan tidak berbeda. Idenya adalah memadatkan ribuan kata menjadi beberapa ratus dengan mengabaikan detailnya tetapi menekankan manfaatnya, yaitu, berapa banyak yang akan diperoleh investor dari proposal ini.

  1. Tekan Pada Poin Utama

Poin-poin adalah pilar utama dari ringkasan konten apa pun. Poin-poin ini memungkinkan pembaca untuk memahami apa yang akan mereka baca di konten utama.

Oleh karena itu, mereka tahu persis apa yang diharapkan ketika mereka mulai membaca proposal. Jadi, pendekatan ini akan membuat mereka ingin belajar lebih banyak tentang ide-ide secara detail.

  1. Fokus Pada Pengiriman

Proposal bisnis dulunya formal, dan mereka tidak menghargai nada santai apa pun. Namun, waktu telah berubah, dan nada percakapan adalah cara terbaik untuk melakukannya.

Meskipun proposal bisnis Anda sendiri bisa sedikit formal, ringkasan Anda tidak harus demikian. Jadi, cobalah menyampaikan dengan lancar alih-alih berfokus pada ramah bisnis.

  1. Ikuti Pendekatan

Perlakukan ringkasan Anda seperti Anda akan menulis garis besar. Itu akan memberi tahu pembaca apa yang ada di intro, isi, dan kesimpulan. Oleh karena itu, pendekatan yang teratur akan sangat berguna.

  1. Fokus Pada Kata Kunci

Jika Anda telah menggunakan kata kunci apa pun untuk proposal bisnis Anda, maka ringkasannya perlu menekankan itu. Misalnya, jika seorang pakar akademis menulis artikel tentang beasiswa, kata kuncinya akan terkait dengan beasiswa. Jadi, fokuslah pada kata kunci Anda.

Kesimpulan

Ini adalah 8 Tips terbaik hari ini untuk membantu Anda menulis ringkasan proposal bisnis yang luar biasa. Idenya adalah untuk menjaga informasi tetap utuh, tetapi mengubahnya menjadi singkat dan padat. Karena itu, ikuti sepuluh Tipss ini dan tulis ringkasan terbaik yang Anda bisa.