7 Tips Memulai Blog Yang Baik dan Benar

7 Tips Memulai Blog Yang Baik dan Benar

7 Tips Memulai Blog Yang Baik dan Benar – Dengan menjamurnya influencer media sosial dan YouTuber, Anda mungkin dimaafkan jika berpikir bahwa blogging, pendahulu dari pertunjukan digital ini, sudah mati. Tapi Anda tidak bisa lebih salah. Di Amerika Serikat saja, diperkirakan ada 31,7 juta blogger aktif. Sekitar 77 persen orang mengatakan mereka membaca blog secara teratur.

Blogging adalah permainan angka, seperti kebanyakan pertunjukan digital dan tidak semua blogger menikmati jumlah pembaca yang besar dari contoh-contoh sukses. Jika Anda ingin menjadikan blogging sebagai salah satu sumber penghasilan utama Anda, Anda perlu mengetahui rahasia membuat dan memelihara blog yang sukses.

Berikut adalah 7 Tips Memulai Blog Yang Baik dan Benar

  1. Tentukan Tujuan

Apa tujuan blog Anda? Apakah Anda hanya membuat katalog kegiatan sehari-hari Anda, seperti buku harian online? Atau apakah Anda memulai blog untuk membangun audiens yang ingin menerbitkan buku secara mandiri? Atau apakah Anda hanya ingin menghasilkan uang dari sponsor? Menentukan tujuan Anda akan mengungkapkan bagaimana Anda harus membuat blog Anda dan konten apa yang dapat Anda masukkan ke dalamnya. Tetap berpegang pada tujuan jangka panjang ini dan gunakan untuk memandu tujuan jangka pendek Anda.

  1. Identifikasi Niche

Puluhan relung ada untuk blog. Misalnya, ada blog sejarah di mana orang ingin tahu berapa shilling atau seperti apa resep yang akurat secara historis. Ada blog rumah tangga untuk orang-orang yang ingin menjelajahi gaya hidup tanpa limbah. Dan ada blog untuk resensi buku dan berbagai informasi buku. Tujuan blog Anda harus sesuai dengan niche Anda, yang juga akan menentukan siapa pasar dan audiens Anda nantinya. Mengidentifikasi niche dan audiens sangat penting untuk langkah Anda selanjutnya.

  1. Membangun Identitas

Niche Anda, terlepas dari namanya, akan memiliki banyak subtipe di dalamnya. Jika niche Anda adalah data historis, seperti apa? Apakah Anda lebih tertarik pada makanan abad pertengahan atau mode tahun 1920-an? Bagaimana Anda akan menangani subjek ini? Jika blog Anda berfokus pada mode sejarah, apakah Anda akan membuat ulang potongan-potongan ini dan menunjukkan kepada pembaca Anda bagaimana melakukannya sendiri atau Anda hanya akan menjelaskan latar belakang sejarah pakaian dan artinya? Menetapkan ini dan konsisten dalam pendekatan Anda akan membantu Anda menjaga target pasar Anda tetap tertarik.

  1. Tata Letak dengan Benar

Tidak peduli seberapa menarik konten Anda, Anda akan kesulitan mempertahankan banyak pembaca jika tata letak Anda berantakan. Jebakan umum ketika datang ke tata letak blog termasuk yang berikut:

  • Buat blog Anda berantakan dengan terlalu banyak add-on
  • Gunakan font yang mewah tetapi tidak dapat dibaca
  • Skema warna mencolok yang membuatnya sulit dibaca untuk waktu yang lama
  • Tidak cukup spasi putih di sekitar teks dan fitur

Hindari masalah tata letak umum ini dan Anda akan menikmati lebih banyak pembaca dan pelanggan, sehingga memastikan kesuksesan Anda. Ada banyak situs Webhosting seperti WordPress yang menyediakan layout blog menarik yang siap pakai. Situs-situs ini memungkinkan Anda memasukkan gambar dan teks tanpa mengubah daya tariknya.

7 Tips Memulai Blog Yang Baik dan Benar

  1. Buat Konten yang Tepat

Di sisi lain, bahkan jika blog Anda memiliki tata letak yang luar biasa dan desain yang menarik, Anda akan kesulitan mempertahankan pembaca jika konten Anda tidak menarik atau terkait dengan situs web Anda. Terlalu banyak blog yang mencari keuntungan dengan mengisi konten mereka dengan artikel yang tidak terkait dengan identitas dan niche blog mereka. Hati-hati kurasi konten Anda untuk memastikan itu melayani pasar Anda. Jangan memposting apa pun tanpa mengeditnya dengan benar. Kesalahan ketik dan informasi yang salah dapat merusak blog Anda seperti halnya konten yang tidak relevan.

  1. Gunakan Media Campuran

Meskipun banyak blog memiliki artikel dengan jumlah kata yang mencapai ribuan kata, Anda masih perlu mencampuradukkannya jika ingin membuat pembaca tetap tertarik. Beberapa orang online memiliki konstitusi untuk bekerja keras melalui artikel lebih dari seribu kata tanpa gambar atau media serupa untuk memecahkan monoton. Anda juga harus memanfaatkan kekuatan video. Selain artikel panjang dengan banyak informasi yang relevan, Anda harus sesekali membuat dan memposting video di blog Anda untuk memberikan perspektif berbeda bagi pelanggan.

  1. Tanggapi Pembaca

Terakhir, dengarkan pembaca dan pelanggan Anda ketika mereka datang kepada Anda dengan komentar dan pesan. Pastikan Anda memiliki cara yang andal untuk menjangkau mereka seperti sistem komentar yang kuat atau halaman kontak. Pelanggan dapat memberikan banyak saran tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan blog Anda seperti topik baru, kemungkinan bug, dan ide lainnya. Mengakui komentar dan saran mereka juga menumbuhkan kepercayaan yang tulus dan membantu menjaga hubungan yang sehat.

Akhir Kata

Blogging tetap merupakan metode yang sangat baik untuk menghasilkan keuntungan yang rapi melalui internet, selama Anda melakukannya dengan benar. Dengan kombinasi semangat, tekad, dan dedikasi, Anda dapat mengubah blog sederhana menjadi pekerjaan hidup Anda.