6 Point Mengevaluasi Kelayakan Produk Baru Anda

6 Point Mengevaluasi Kelayakan Produk Baru Anda

6 Point Mengevaluasi Kelayakan Produk Baru Anda – Sebelum menginvestasikan terlalu banyak uang dan waktu ke dalam produk baru, penting untuk menentukan apakah itu layak. Meskipun Anda tidak dapat menjamin bahwa produk baru Anda akan berhasil, riset pasar akan membantu menunjukkan apakah Anda dapat mengharapkan ROI yang baik dari upaya dan waktu Anda.

Ide produk Anda akan menutupi biaya menjalankan bisnis dan menghasilkan pengembalian atas usaha Anda. Sangat penting untuk memperjelas berapa banyak uang yang harus Anda hasilkan untuk membayar pengeluaran, memberi Anda upah yang dapat diterima, dan mempertahankan kemungkinan pekerja tetap bekerja.

Inilah alasan mengapa Anda harus memiliki gambaran yang jelas tentang kekuatan produk baru Anda. Jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana dengan evaluasi kelayakan Anda.

Berikut 6 Point Mengevaluasi Kelayakan Produk Baru Anda

Konsep bisnis pengembangan produk baru di layar perangkat

Jika Anda ingin produk baru Anda berhasil, Anda harus tahu apa yang memotivasi audiens atau pasar target Anda untuk membeli produk dan layanan Anda. Anda harus memastikan bahwa layanan atau produk Anda menarik bagi target pasar Anda. Selain itu, Anda juga harus menentukan seberapa besar pasar potensial Anda dengan meneliti ukuran pasar secara keseluruhan. Jika memungkinkan, lihat statistik industri Anda saat ini karena ini juga akan memberi Anda gambaran tentang cara mempromosikan bisnis Anda di masa depan.

Pastikan Ada Permintaan untuk Produk Baru Anda

Apakah produk baru Anda akan layak atau tidak tergantung pada permintaan potensialnya. Ketahui apakah ada permintaan yang cukup hari ini. Jika tidak, dapatkah Anda meningkatkan atau membangun permintaan dalam jangka panjang? Solusi terbaik untuk ini adalah melakukan riset pasar, baik melalui pembentukan grup fokus atau riset online dengan target pelanggan Anda.

Mayoritas industri memiliki asosiasi industri, yang menghasilkan penelitian atau mungkin menawarkan beberapa wawasan atau informasi. Untuk menentukan apakah ada permintaan untuk layanan atau produk serupa di tempat lain, periksa kota lain atau kota terdekat.

Kenali Pesaing Anda

Cara lain untuk mengevaluasi kelayakan produk baru adalah dengan mengetahui pesaing Anda. Tentukan apa keunggulan kompetitif mereka dan periksa strategi pemasaran dan penetapan harga mereka.

Anda dapat memulai dengan melihat materi iklan cetak dan situs web mereka. Anda juga dapat memeriksa untuk menentukan apakah mereka memiliki profil media sosial untuk menentukan bagaimana mereka memasarkan dan berperilaku secara online.

Ketahui apakah produk baru Anda memenuhi kebutuhan yang tidak dipenuhi oleh pesaing Anda. Jika produk Anda dapat mengalahkan pesaing Anda, buat beberapa angka agar Anda dapat mengujinya agar benar-benar layak.

Tentukan Harga Produk Baru Anda

Saat Anda mengetahui lebih banyak tentang pasar Anda, Anda harus tahu berapa harga yang mungkin bersedia dibayar oleh pelanggan Anda untuk apa yang Anda tawarkan. Pertimbangkan biaya penyediaan dan produksi layanan atau barang Anda. Setelah itu, pilih beberapa skenario harga.

Umumnya, harga terbaik adalah kombinasi dari apa yang diharapkan pelanggan Anda, margin yang diperlukan untuk mencapai titik impas, dan posisi Anda saat ini di pasar. Anda mungkin juga harus mencoba opsi penetapan harga sampai Anda menentukan apa yang cocok untuk produk baru Anda.

Pertimbangkan untuk Memeriksa Kemungkinan Biaya Keseluruhan

Mengetahui apa yang diperlukan untuk memulai bisnis Anda dan mempertahankannya berjalan serta berapa lama Anda akan membangun penjualan untuk menghasilkan keuntungan dapat memberi Anda perkiraan. Perkiraan tersebut dapat memberi Anda pemahaman yang baik tentang apa yang diperlukan untuk membuat produk baru Anda layak dalam jangka panjang.

Jika perlu, pertimbangkan untuk menjalankan perkiraan arus kas agar Anda dapat menentukan biaya awal dan menghitung titik impas untuk memproyeksikan kelayakan produk baru Anda. Pastikan bahwa produk baru Anda harus memberi Anda lebih banyak pengembalian daripada jika Anda menempatkan investasi Anda dalam sertifikat deposito.

6 Point Mengevaluasi Kelayakan Produk Baru Anda

Dapatkan Keahlian Profesional

Jika Anda kewalahan dengan informasi atau data yang dikumpulkan dari berbagai penelitian produk yang telah Anda lakukan, mungkin ide yang baik untuk menyewa profesional untuk membantu Anda. Ada beberapa perusahaan yang menawarkan layanan yang dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik dan bijaksana dalam hal kelayakan produk baru Anda.

Layanan tersebut mencakup pengumpulan data, studi pasar, dan hal-hal lain yang penting untuk mengetahui seberapa layak produk baru di pasar yang sangat kompetitif saat ini. Dengan bantuan para profesional, Anda dapat yakin bahwa Anda akan mendapatkan informasi yang benar apakah akan meluncurkan produk baru Anda atau tidak. Ini juga dapat memungkinkan Anda untuk menghindari pemborosan waktu, uang, dan kerja keras yang diperlukan untuk proses tersebut.

Kesimpulan

Mempelajari cara mengevaluasi kelayakan produk baru Anda dapat membantu memberi Anda harapan yang realistis dan memastikan kesuksesan. Menilai peluang pasar dan menghitung angka juga dapat memberi Anda pengetahuan tentang potensi produk baru Anda di pasar. Namun, ingatlah bahwa produk baru mungkin membutuhkan pemikiran yang lebih kreatif untuk meraih kesuksesan. Jadi, meminta bantuan