84 Aparat Pemerintah Dari 12 Kabupaten Se Sulawesi Selatan Menghadiri Sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No.64 Tahun 2020

BANTAENG tirasnusantara.com – Sebanyak 84 aparat pemerintah yang berasal dari 12 Kabupaten se-Sulawesi Selatan menghadiri Sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No.64 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2021 yang akan di buka secara resmi oleh Bupati Bantaeng Dr. H. Ilham Azikin di Gedung Balai Kartini. Rabu, (26/8/2020).

Melalui Laporan Bidang Perencanaan Anggaran Daerah Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sulsel, Bapak Sakura bahwa maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yakni untuk memberi pemahaman dan pengamanan persepsi kepada peserta terhadap Permendagri ini.

“Kami sangat terpukau dengan pelaksanaan sosialisasi ini. Seperti biasa, Kabupaten Bantaeng memang selalu membuktikan bahwa daerahnya siap menjadi tuan rumah pelaksanaan acara-acara besar seperti ini”,ujarnya, yang di sambut dengan tepuk tangan para peserta.

Dalam kesempatan itu Bupati Bantaeng dalam sambutannya mengatakan bahwa menjadi sebuah kehormatan Kab. Bantaeng di tunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan sosialisasi ini.

“Kita sadar bahwa pandemi Covid-19 ini mengharuskan adanya penyesuaian dan rasionalisasi yang butuh support dan dukungan khususnya dari penentu kebijakan. Besar harapan ruang ini dapat betul-betul kita manfaatkan secara maksimal”, kata Bupati.

Lebih lanjut Bupati juga menyampaikan harapan agar seluruh tamu undangan aparat pengelola keuangan daerah, mendapat kesan yang baik sehingga dapat berkunjung kembali ke Kab. Bantaeng pada kesempatan berikutnya.

Selanjutnya, Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Mohammad Adrian Noervianto, melalui video conferance memberikan arahan terkait pelaksanaan, Sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 64 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2021. Dikatakannya bahwa kegiatan ini memberi makna strategis karena akan didiskusikan bagaimana kita mendesain APBD di Tahun Anggaran 2021.

“Selalu tetapkan protokol kesehatan, Pemerintah Daerah harus menerapkan adaptasi kehidupan normal baru yang aman dari Covid-19. Sesuai arahan Presiden RI, kita gas untuk perekonomian dan kita rem penyebaran Covid-19”, tuturnya.

Peserta yang mengikuti sosialisasi ini sebanyak 84 orang, terdiri dari masing-masing 7 perwakilan dari 12 Kabupaten/Kota, antara lain Kab. Bantaeng, Kota Makassar, Kab. Maros, Kab. Gowa, Kab. Takalar, Kab. Bulukumba, Kab. Jeneponto, Kab. Kepulauan Selayar, Kab. Gowa, Kab. Soppeng dan Kab Wajo.

Turut hadir pada kesempatan itu antara lain Direktur Perencanaan Anggaran Daerah Kemendagri beserta jajaran nya, para Sekretaris Daerah Kab./Kota, para Kepala BPKD, para Kepala Bappeda, para Inspektur, para Sekretaris Dewan, dan para Kabid Anggaran BPKD Kab./Kota. (Hariati/team)